Tata Krama Mandi Hot Spring

ETIKA-ETIKA MANDI HOT SPRING 
dan 
HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

Mandi atau berendam   air Hot  Spring tidaklah sama dengan   berendam   air  hangat di  bath tab ataupun di kolam renang.   Berendam Hot  Spring, apalagi onsen,   haruslah memperhatikan   tata krama  yang berlaku, namun tidak tertulis








=====================================================================
Sopan Santun Berendam  Air Panas Hot Spring 

Pertama-tama adakah membersihkan diri :  tujuannya adalah untuk menjaga kebersihan dan kwalitas air hot spring,  oleh sebab itu sebelum masuk ke  kolam  jangan lupa untuk  membersihkan diri atau mandi dulu, siram dulu dan gosok dulu badan kita biar bersih dari kotoran-kotoran yang menempel di badan. Barang-barang   luar tubuh  seperti jam tangan, perhiasan, handuk dan pakaian dalam ataupun pakaian luar, usahakan jangan masuk ke kolam, kecuali  hot spring yang boleh memakai pakaian renang.


Kedua : Keluar masuk kolam tidak berisik, tujuannya agar tidak mengganggu ke asyikan orang lain yang sedang berendam, jangan menyamakan tempat mandi hot spring dengan tempat mandi umum lainnya.

Bila berendam   hot spring harus  minum air putih atau air mineral untuk mempercepat proses metabolisme dan baru ada khasiatnya.  Berendam hot spring sebaiknya berendam sebentar-bentar naik daripada sekali berendam waktu lama.  Bagi yang belum pernah berendam, sebaiknya istirahat dulu untuk menyesuaikan suhu, sampai merasa terbiasa baru masuk ke kolam.  Rendam kedua kali lamanya cukup 3 menit, makin lama waktunya makin  lama dan dianjurkan rendam 6 kali sudah cukup. Habis berendam hot spring jangan langsung berendam  air dingin, kalau tidak proses metabolisme nya akan berhenti saat itu juga.





=====================================================================


Wanita Hot Spring

Wanita yang sering mandi atau rendam hot spring, kulitnya pasti  putih mulus dan awet muda, ini adalah  pasti! Karena kandungan mineral didalam air hot spring  mempunyai khasiat memutihkan dan menghaluskan  kulit.

Zat sulfur ( belerang ) bisa melunakkan kapalan , zat potassium alum dapat mengurangi pertumbuhan kapalan, kandungan unsur natrium berkhasiat sebagai pemutih dan pelembut kulit, dan kalau dibarengi  selang seling  mandi air dingin, maka kulit menjadi lebih elastis, lebih berkilau, lebih muda, lebih memperlambat proses penuaan kulit, sehingga bisa mencapai hasil  kecantikan yang maksimal.

Selain itu rendam hot spring juga bisa untuk menguruskan badan. Asalkan setiap hari rendam 10 menit, lalu istirahat 5 menit, ulangi sebanyak 3 kali. Setelah itu 1 jam tidak boleh makan dan minum, maka dalam waktu sekitar 2 bulan pasti sudah  kelihatan hasilnya.




=====================================================================


Cara Berendam Air Panas Hot Spring 

Berendam hot spring adalah aktifitas yang sangat melelahkan, hati-hatilah jangan sampai jangan sampai badan anda kekurangan terlalu banyak air.

Saat masuk ke kolam air, sebaiknya pilih yang suhunya tidak terlalu panas. Paling bagus sekitar 37°C, setelah sudah bisa menyesuaikan suhunya, barulah pindah ke kolam yang suhunya sekitar 40°C. Setelah badan berkeringat, segeralah naik, setelah badan dingin kembali oleh angin kembali lagi masuk ke kolam. Kali ini kalau sudah berkeringat, naiklah dan masuk ke kolam air dingin. Rendam air dingin sampai badan terasa mulai hangat, naiklah.

Saat ini lakukan gerakan senam melebarkan dada. Setelah suhu badan mulai turun, masuk kembali ke kolam air panas. Rendam sekitar 5 menit lagi dan seluruh paket rendam air panas sudah selesai.

Paket rendam hot spring cara ini dapat mengeluarkan zat-zat asam dalam tubuh yang tidak dibutuhkan, mempercepat proses metabolisme.




=====================================================================

Berbagai Jenis Pembagian  Sumber Air Hot Spring:

1. Menurut sumber mata air yang keluar, dapat dibagi menjadi mata air 
    Hot Spring ( panas ) dan Cold Spring ( dingin ).

2. Kalau dibagi menurut kandungan zat mineral di dalam mata airnya, dapat dibagi menjadi 
    sumber mata air klorinasi, sumber mata air bikarbonat dan sumber mata air sulfat 
    tiga jenis utama ini.

3. Kalau dibagi menurut kadar asam, maka dapat dibagi menjadi sumber mata air 
    yang bersifat asam, netral dan basa.

Kalau  menurut khasiatnya terhadap manusia, sumber mata air yang bersifat asam lebih kaya zat-zat mineral, bau belerangnya juga lebih terasa,  lebih korosif dibanding sumber mata air yang bersifat basa, oleh sebab itu lebih  berkhasiat bila dipakai untuk pengobatan, namun  perlu diperhatikan adalah penderita yang ingin berendam harus minta nasehat dokter dulu agar aman.  



====================================================================

Langkah-langkah  Berendam 

Siram dan bersihkan badan di kamar shower, wanita boleh memakai shower cap untuk menutupi rambut.

Masuk ke kolam harus sopan, turun anak tangga pelan-pelan agar tidak terjadi cipratan air ataupun gelombang air yang mengganggu kenyamanan orang lain yang sedang berendam.

Rendam dulu seluruh bagian kaki, lalu pelan-pelan sampai ke dada. Berendamlah sekejap untuk menyesuaikan suhu air dan suhu badan. Setelah itu, rendamlah sampai ke leher dan rendam lagi sebentar.

Terakhir rendam lagi sampai ke bagian telinga dan hidung,   hingga seluruh badan terendam di dalam air, anda akan merasakan seluruh badan menjadi nyaman,  menikmati dengan sepenuh hati sukacita berendam air panas hot spring.




=====================================================================


Hot Spring dan Kesehatan

Alasan Hot Spring memiliki khasiat pengobatan karena air hot spring menghasilkan efek fisika dankimia pada tubuh manusia. 

Efek fisika nya adalah air panas dapat melebarkan lobang pori-pori dan mengembangkan pembuluh darah, menyebabkan sirkulasi darah lebih lancar, ditambah lagi daya apung air dan tekanan air memiliki peran mijit, menghilangkan pembengkakan, mengurangi dan menghilangkan rasa sakit. 

Efek kimia adalah air hot spring memiliki komposisi zat-zat  mineral dan zat kimia yang khusus yang bisa menimbulkan efek yang brebeda bagi tubuh manusia. Sejak ribuan tahun yang lalu orang Romawi dan Mesir sudah memakai mata air panas untuk memelihara kesehatan mereka.

Mata air panas mengandung banyak zat-zat mineral yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia, menghilangkan pembengkakan, menguatkan sendi-sendi tulang, mengurangi resiko penyempitan dan pengerasan pembuluh nadi dan meningkatkan fungsi pembuluh darah jantung. 

Mata air panas juga memiliki peran seperti kompres air hangat, dapat melemaskan semua otot-otot badan yang kencang dan mengurangi rasa sakit 

Karena berendam air panas dapat menyebabkan keluar keringat yang banyak, sehingga pembuluh darah mengembang dan mempercepat proses metabolisme tubuh, memiliki khasiat mengurangi rasa sakit terhadap penderita radang sendi dan  sakit pembukuh syaraf. 

Kandungan belerang di dalam mata air panas memiliki khasiat yang sangat bagus untuk mengobati penyakit-penyakit yang berhubungan dengan kulit, seperti infeksi kutu air, wasir, psoriasis, eksem dan lain-lain.

Sedangkan mikro-mineral yang terkandung di dalam mata air panas dapat membentuk selapis kabut tipis di udara, bila terhirup oleh manusia, dapat meningkatkan kekebalan terhadap penyakit alergi radang hidung (rinitis alergi). 

Kata orang, hot spring belerang sangat bagus untuk mengobati penyakit rematik, sedangkan hot spring basa yang tingkat asamnya PH8 keatas juga bagus untuk mengobati rematik.

Menurut hasil penelitian dari  Gunma University Medical Center Jepang,  mereka menemukan bahwa berendam di air hot spring  dengan tingkat keasaman sekitar PH2 dan suhu  42°C, setiap hari rendam 2 kali per 10 menit, setelah lewat 2 bulan,  ¾ penderita penyakit radang kulit membaik.

Berendam dengan  suhu 38°C, penderita penyakit kronis paru-paru berdiri di dalam air lalu menghirup udara, lalu menjongkokan badan hingga air merendam sampai hidung, terus buang nafas melalui mulut, sehari 3 kali, setelah 2 bulan kandungan Karbon dioksida di pembuluh darah arteri berkurang, pernafasan menjadi lebih lancar. Selain itu bak mandi duduk dapat memperlancar peredaran darah bagian anus, menghindari wasir memburuk. Bagi yang mudah berkeringat, berendam pada suhu 39°C dapat merangsang limfosit dan meningkatkan kekebalan.



=====================================================================

Sedikit Informasi Tentang Mandi Mata Air Panas

Mandi jangan selalu memakai sabun, karena sabun dapat menghilangkan  minyak pada kulit

Air Hots pring panas 30°C keatas sudah memiliki kemampuan berpenetrasi kedalam tubuh manusia, oleh sebab itu, laki-laki pada usia 15-16 tahun keatas, wanita sudah  memasuki masa haid, baru boleh berendam Hot Spring, kalau tidak , mungkin akan menyebabkan masalah tidak bisa hamil


Rendam Hot Spring adalah pengobatan yang paling bagus buat wanita yang sudah  menopause.

Jangan berendam  hot spring dalam keadaan perut kosong, satu jam setelah makan baru boleh berendam.

Setelah olah raga extrem atau berat harus istirahat 15 menit  dahulu baru boleh berendam.

Ada luka luar sebaiknya jangan kena air hot spring

Bagi yang  memiliki penyakit pembuluh darah jantung, harus konsultasi dulu sama dokter. 

Setiap hari , setiap kali  mandi , jumlah dasar  keluar masuk kolam hanya boleh 6 kali ( rendam  6 kali ). Karena  kandungan air di dalam tubuh manusia tidak sama,  berhati-hatilah agar tidak terjadi  dehidrasi