Manfaat Melakukan Perjalanan Wisata

Manfaat Melakukan Perjalanan Wisata

Liburan atau melakukan perjalanan wisata,  ataupun yang biasa disebut "Jalan-jalan", meskipun terasa capek, namun juga terasa menyenangkan dan membahgiakan. Kesenangan, kegembiraan, kebahgiaan dan kecapekan tentunya, semua itu tidak bisa dilukiskan pakai kata-kata.

Penelitian terhadap orang yang suka melakukan perjalanan wisata yang dilakukan di Amerika ,
membuktikan bahwa melakukan perjalanan wisata secara teratur sangat banyak manfaatnya. Perjalanan Wisata dapat membuat orang menjadi rilex dan awet muda, mengurangi resiko serangan jantung,dan tantang dalam perjalanan juga dapat membantu merangsang kerja otak para manula.

Seiring dengan penuaan populasi dunia, hasil penelitain dari Global Aging Coalition Amerika juga menunjukkan bahwa wanita yang enam tahun melakukan perjalanan wisata satu kali, resiko meninggal terkena serangan jantung adalah dua kali lipat dari wanita yang minimal satu tahun melakukan perjalanan wisata dua kali. Laki-laki yang tidak melakukan perjalanan wisata  dalam satu tahun, resiko meninggalnya lebih dari 20%, dan kemungkinan meninggal akibat penyakit jantung naik menjadi lebih dari 30%.

Ahli otak dari Amerika, Dr. Paul Nussbaum mengatakan bahwa  melakukan perjalanan wisata juga dapat membantu kesehatan otak. Tantangan dalam perjalanan dan lingkungan baru dapat meningkatkan aktifitas otak, sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan kerja otak.

Jadi Melakukan Perjalanan Wisata sangat banyak manfaatnya bagi anak muda maupun orang tua.
Dibawah ini saya sampai beberapa manfaat dari jalan-jalan :

 
1.      Menghilangkan rasa stress dengan pekerjaan dan sekolahan, membuat  jiwa dan raga menjadi lebih santai dan lebih tenang untuk bisa melanjutkan kembali kesibukan-kesibukan dengan semangat baru.

Kita tidak akan membawa masalah kerja ataupun masalah sekolah kita ikut dalam perjalanan wisata kita. Oleh sebab itu, tidak akan ada beban kerja ataupun beban sekolah selama dalam perjalanan wisata. Melakukan Perjalanan Wisata adalah pergi ke daerah yang asing dan yang baru. Jauh dari  lingkungan kehidupan yang sudah kita kenal baik, jauh dari kehidupan yang membuat kita depresi, jauh dari mata pelajaran sekolah yang membuat kita stress, dengan demikian  otak dan pikiran kita akan mendapat kesempatan untuk beristirahat, otak menjadi santai, semangat hidup akan lebih tinggi karena otak kita sedang beristirahat. 
Kita memiliki puluhan ribu hari yang akan kita lewati di dalam kehidupan. Setahun 365 hari tidak ada kata istirahat, akan membuat kita selalu hidup dalam kebosanan dan kecapekan. Melakukan Perjalanan Wisata adalah merupakan cara untuk istirahat dari marathon kehidupan. Melakukan Perjalanan Wisata memberi kesempatan untuk hati yang capek beristirahat. Letakkan semua kesibukan dari tangan kita, kosongkan semua pikiran kita dari hal-hal yang sepele, pergi ke tempat yang baru,tempat dimana tidak ada orang mengenal kita dan tidak ada orang yang kita kenal. Di objek wisata kita tidak perlu dibebani tanggung jawab, juga tidak perlu terikat oleh siapapun, bersantai, menikmati kebebasan milik sendiri. Melakukan Perjalanan Wisata adalah semacam istirahat dalam menjalani kehidupan. Istirahat guna untuk memulihkan kekuatan untuk memulai kembali kesibukan. Ada istirahat baru bisa melakukan perjalanan yang lebih panjang lagi.

2.     Melakukan Perjalanan Wisata bisa mendapatkan kegembiraan dan kebahagiaan tanpa batas!

Selama Melakukan Perjalanan Wisata, meskipun terasa capeknya tidak tanggung-tanggung, tapi sebenarnya juga penuh kesenangan yang tidak tanggung-tanggung. Melihat panorama yang indah, memakan makanan lezat rasa baru, nginap di hotel, bermalam di hostel, mendengarkan cerita baru, mendengarkan dongeng dan lain sebagainya, semua ini akan membuat pikiran kita tenang, gembira dan bahagia. Pulang dari Melakukan Perjalanan Wisata satu kali, membuat orang merasa gembira berhari-hari! Iya enggak???

3.      Menambah wawasan dan  pengetahuan!  

Melalui Melakukan Perjalanan Wisata, manusia bukan saja melihat dengan mata kepala sendiri keindahan alam di depan mata, masih juga dapat merasakan perbedaan alam, suhu dan melihat aneka hewan serta tubuh-tumbuhan di negara atau tempat yang dikunjungi. Datang dan merasakan langsung perbedaan adat istiadat, perbedaan kebudayaan, perbedaan makanan, perbedaan kuriner dan perbedaan tata cara makan , perbedaan agama dan kepercayaan orang lain. Selain itu juga masih bisa mendengarkan cerita legenda daerah tersebut dan cerita-cerita anekdok lainnya. Semua ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita. Setiap kali melakukan perjalanan wisata, pasti akan membawa faedah baru, mendapat pengalaman baru, mendapat ilmu baru  dan pengetahuan yang baru.

Pepatah cina dulu mengatakan : “Berjalan Sepuluh Ribu Mil, Membaca Sepuluh Ribu Buku”. Pepatah ini menganjurkan kita untuk “Berjalan Sambil Belajar”. Melakukan Perjalanan Wisata adalah proses Berjalan Sambil Belajar. Disaat kita sampai ditempat yang baru, kita akan merasakan langsung dan melihat langsung keadaan lingkungan, iklim, kehidupan, dan adat istiadat dan kebudayaan daerah tersebut. Ilmu yang kita dapat dari Melakukan Perjalanan Wisata jauh lebih berguna dari pada kita hanya menghapal-hapal isi buku tentang daerah tersebut dan jauh berarti dari pada kita hanya mendengar dari orang. 
Pepatah cina juga mengatakan, “Xing Zou Wan Li Lu, Sheng Du Wan Juan Shu” yang arti “ Berjalan sepuluh ribu mil, lebih berguna dari pada membaca sepuluh ribu buku. 
Kita juga sering mendengar orang bilang, mendengar cerita orang lain mendingan kita datang dan lihat sendiri.
Semua kata-kata pepatah diatas adalah menganjurkan kita untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita lewat Melakukan Perjalanan Wisata.

4.      Memiliki banyak teman baru yang akan menjadi memori yang indah

Melakukan Perjalanan Wisata biasanya adalah ikut grup. Dalam perjalanan yang hanya berapa hari atau bahkan paling banyak belasan hari, sesama teman grup yang pada awalnya terasa asing, setelah beberapa hari melakukan kegiatan bersama, makan bersama, tidur di hotel yang sama, mengunjungi abjek wisata yang sama, karena ada kesamaan maka pasti akan jadi teman. Dari teman baru, ada yang bisa langsung akrab bagaikan teman lama.  Meskipun teman yang kita kenal selama Melakukan Perjalanan Wisata ini,  di kemudian hari belum tentu bisa menjadi teman yang bisa saling membantu, setidaknya mereka akan meninggalkan kenangan yang indah di kemudian hari. Setiap kali melihat foto-foto selama perjalanan, senyum kebahagian pasti akan terlukis dibibir..
Kalau ada waktu, sering-seringlah Melakukan Perjalanan Wisata. Dunia sangat Indah dan jangan menyia-nyiakan pemberian Tuhan kepada kita.

5.      Dunia yang beda, akan membawa kebahagiaan baru buat kehidupan kita.

Kalau kita tidak keluar rumah, kita akan mengira bahwa dunia tidak lebih dari yang seperti sekarang ini, tidak akan tahu ada hal-hal baru yang menarik diluar sana. Kalau kita tidak pergi ke dunia lain, kita akan mengira orang lain juga melewati kehidupan yang sama persis seperti kita. Setelah keluar rumah melihat alam dan pemandangan yang beda, melihat dunia yang beda, akan membuka mata jendela dunia kita yang selama ini tertutup, akan membuat kehidupan kita menjadi lebih ceria. Kita akan mendapatkan kegembiraan, kebahagiaan dan senang bisa melihat pemandangan alam yang indah, merasa segar memakan makanan baru dan  merasa kesenangan tidur di tempat yang berbeda-beda selain di kamar rumah kita.

6.      Mencari inspirasi baru.

Bagi orang yang hobby fotografer, seniman dan profesi lainnya. Melakukan Perjalanan Wisata, ketempat yang baru, melihat, menikmati dan merasakan hal-hal yang baru, dapat merangsang inspirasi kerja. Keindahan pemandangan alam, gunung biru tinggi menjulang, aliran air yang jernih, hutan yang hijau udara yang segar, dan hamparan aneka ragam tanaman berwarna-warni, melihat kesibukan dan hiruk pikuk kehidupan orang kota,  potensial energi didalam diri kita akan terangsang untuk menghasilkan karya-karya yang tak terduga, menghasilkan ide-ide cemerlang dan inspirasi yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Itulah salah satu manfaat dari Melakukan Perjalanan Wisata yang paling diinginkan oleh semua orang dari semua kalangan.

7.      Menyadarkan diri sendiri, mendengarkan kata hati nurani.

Melakukan Perjalanan Wisata kita harus meninggalkan lingkungan hidup yang kita kenal baik. Awal perjalanan baru dimulai, dan akhir perjalanan belum sampai. Kita hampir tidak perlu melakukan apapun, dan juga tidak ada yang bisa kita lakukan.
Kehidupan yang serba cepat di era modern ini, waktu Melakukan Perjalanan Wisata adalah waktu yang tepat bagi kita untuk memikirkan pikiran-pikiran kita, untuk mendengarkan  suara hati kita. Melakukan Perjalanan Wisata memberikan ketenangan batin, dan hanya orang-orang yang dalam keadaan tenang yang bisa mendengarkan suara hati diri sendiri, menyadarkan diri sendiri, sehingga sadar akan apa yang dibutuhkan, sadar akan apa yang menjadi motivasi dirinya, sikapnya, perasaannya, emosinya dan kondisi mental lainnya serta sadar akan karateristik diri sendiri, membenarkan kesalahan, meluruskan arah kehidupan, hanya dengan demikian kehidupan kita tidak akan terbawa arus dan kehilangan diri sendiri. 
Melakukan Perjalanan Wisata memberikan kita waktu yang cukup dan pikiran yang kosong untuk menyadarkan diri sendiri.

8.      Kegembiraan Menantang diri sendiri menghadapi rintangan. 
      
      Saya beberapa kali meilhat orang tua yang umurnya 90 tahunan setapak demi setapak menaklukan anak tangga gunung Alishan Taiwan. Setelah sampai di meeting point, meskipun terlihat capek, namun dia tetap tersenyum lebar. Karena dia sudah berhasil menaklukan rintangan, berhasil sampai ke meeting point tanpa tanpa pakai ojek, tanpa bajaj, tanpa taxi, tanpa mobil pribadi. Sampai di meeting point kakek itu  merasakan bangga dengan prestasi yang dia capai, dia bahkan tertawa sama orang-orang yang lebih muda dari dia tapi tidak mau masuk ke objek wisata Alishan. Walaupun capek, tapi capeknya sirna berganti dengan ceria karena telah melewati rintangan dengan kekuatan sendiri.

9.      Mengajarkan anak-anak kita untuk tahu berterima kasih dan bersyukur. 
     
      Selama Melakukan Perjalanan Wisata, kita pasti akan dibantu oleh orang asing maupun teman yang baru kita kenal. Oleh sebab itu, Melakukan Perjalanan Wisata harus dengan hati yang merasa berterima kasih dan bersyukur. Terutama anak-anak, dapat belajar untuk saling membantu dan bersyukur telah dibawa Melakukan Perjalanan Wisata bersama orang tua. Kita juga harus bersyukur diberi kesehatan, bersyukur diberi kemurahan rezeki, bersyukur diberi kesempatan oleh YME.

10.  Melakukan Perjalanan Wisata merupakan investasi. 

      Hanya saja balasan dari investasi yang kita dapat bukan dalam bentuk nilai uang, tetapi kekayaan rohani yang tidak bisa dilihat, dan kekayaan ini bisa kita nikmati seumur hidup.

11.  Meningkatkan Kesehatan


Melakukan Perjalanan Wisata merupakan aktifitas luar rumah yang sangat bagus buat kesehatan. Melakukan Perjalanan Wisata adalah termasuk olah raga jalan santai. Berjalan sambil melihat hal-hal baru bisa membuka pikiran orang, melapangkan dada, tahu menikmati hidup, bisa hidup santai dan bahagia. 
Melakukan Perjalanan Wisata juga dapat membina mental, melancarkan sirkulasi darah, menguatkan kerja paru-paru. 
Melakukan Perjalanan Wisata sangat besar manfaatnya bagi kesehatan kita.

Kapan Anda Terakhir Kali Melakukan Perjalanan Wisata ? Atau anda belum pernah sama sekali Melakukan Perjalanan Wisata ? Segeralah bikin rencana. Saya tunggu di Taiwan ya....CU.



Artikel yang berhubungan :