Mengenal Bei Tou Hot Spring


Mengenal Hot Spring yang ada di Beitou, Taiwan


Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan kata Hotspring. Hotspring bisa anda ketemukan dibanyak negara. Salah satunya ada di Taiwan
Di Taiwan tempat permandian air panas / hot spring yang besar ada empat lokasi utama, yaitu : Taipei Beitou Hot Spring, Taipei Yang Ming Shan Hot Spring, Tainan Guan Zi Ling Hot Spring, Pintung Si Chong Xi Hot Spring. Diantara 4 tempat hot spring itu, Beitou Hot Spring yang paling terkenal.





Di seluruh dunia begitu banyak tempat, namun sepertinya alam lebih memihak pulau Taiwan. Taiwan memiliki lebih dari 120 titik sumber Hotspring. Banyaknya Hotspring di pulau Taiwan, membuat pulau Taiwan menjadi pulau yang paling padat dengan titik hot spring. 
Air hot spring Taiwan sangat bervariasi dan kaya mineral, kwalitasnya juga diakui oleh dunia sangat bagus, bahkan air hot spring yang langka di dunia juga bisa ditemui di Taiwan. Oleh sebab itu, wajar saja kalau Taiwan dijuluki Museum Hot Spring dan SPA dunia.
Hot Spring di Taiwan menjadi bagian dari sumberdaya alam yang bisa menjadi bisnis, dan juga menjadi ekologi dan cagar alam yang harus dilindungi dan dilestarikan.



Hotspring secara umum bisa kita bagi menjadi Hotspring Alamiah dan Hotspring buatan. Hotspring alamiah harus memiliki empat syarat utama sebagai berikut :
Pertama : harus ada panas bumi di walayah tersebut, kedua : harus memiliki kandungan air bawah tanah yang cukup banyak, panas bumi akan memanaskan air tersebut secara alamiah, ketiga : harus ada celah-celah pada sampai ke permukaan bumi, keempat : harus ada perbedaan tekanan yang bisa menyebabkan air dalam perut bumi mengalir ke permukaan. Bila ke-empat syarat terpenuhi, maka hotspring tersebut baru memenuhi syarat disebut hotspring alamiah. Beitou Termal Valley termasuk hotspring alamiah yang murni.



Air Hotspring di Beitou yang sering dipakai adalah air dari Thermal Valley yang disebut Air Belerang Hijau dan Air belerang putih yang berasal dari lembah belerang ( Liu Huang Gu ). 
Lembah belerang ini termasuk Hotspring buatan, karena tempat ini Cuma ada semburan hawa panas namun tidak ada air di bawah perut bumi. Pemerintah Jepang membuat pipa mengalirkan air dari sungai ke tempat ini untuk dipanaskan oleh hawa panas alam. Berhubung letak Lembah Belerang ada dibukit yang tinggi, oleh sebab itu airnya bisa dialirkan kesuluruh wilayah di beitou. Sebagian besar hots pring di Beitou memakai sumber air hots pring dari wilayah ini. Menurut cerita, air hot spring ini bisa menghaluskan kulit dan memutihkan kulit, terutama untuk wanita.

Liu Huang Gu ( Liuhuang Sulfur Lake)

Memperkenalkan Hotspring Taiwan, maka kita harus memperkenalkan kampung halamannya hotspring yang sudah terkenal di dunia, yaitu Beitou. Tempat asal muasalnya bisnis hotspring dan spa di Taiwan, kampung yang mencatat dan melihat perkembangan dan perubahan sejarah hotspring di Taiwan.


Baik Hotspring Sulfur ( Belerang ) Hijau yang langka, maupun batu yang diberi nama berdasarkan nama tempat di di Taiwan, Batu Hokutolite ( Hokuto = Beitou dalam bahasa Jepang) , ataupun Penginapan Tengoen yang merupakan Hotel Hot spring yang pertama di Taiwan, perkembangan hots pring di Beitou merupakan bagian paling penting dari lingkaran perkembangan hot spring dan spa di Taiwan.








Beitou terletak dibagian paling utara kota Taipei. Aslinya adalah tempat tinggal suku Katagalan, salah satu suku aborigin yang sudah punah. Suku Katagalan menyebut wilayah ini dengan sebutan “Pataauw” yang berarti nenek sihir. 

Suku Katagalan yang sudah punah


Patauw ditulis ke tulisan mandarin oleh orang Hokkian menjadi Beitou (北投, baca : Pak Tao ). Kenapa wilayah ini diberinama “Nenek Sihir” ? Ada 2 legendanya. Yang pertama karena daerah Hotspring selalu mengeluarkan hawa panas dan asap, seolah-olah ada spirit hutan tinggal disitu. Yang kedua adalah ada nenek sihir yang tinggal disini yang selalu berusaha mencoba untuk menghadapi dan melawan rintangan-rintangan yang dikeluarkan oleh sumber air panas belerang.

Permukaan air yang selalu berasap

Meskipun sekarang sudah tidak ada lagi nenek sihir, namun legenda ini menjadi salah cari cerita dan bagian dari daya tarik Beitou.

Keunikan dari Hot spring Beitou adalah suhunya yang tinggi. Suhu tinggi adalah akibat dari panas bumi. Jadi air yang keluar dari hot spring beitou, karena terlalu panas, biasanya berupa semburan air dan uap air. 
Tidak seperti wilayah lainnya, hots pring hanyalah aliran sumber air panas, tidak menyemprot. Wilayah yang termasuk Beitou Hot spring dapat dibagi menjadi : Hotspring Lembah Panas (Thermal Valley), Lembah Belerang ( Liuhuang Sulfur lake), Lembah Longfeng ( Longfeng Sulfur lake ), Ding Beitou, Shuang Chong Xi dll. 

Sedangkan jenis airnya, Beitou hot spring dapat dibagi menjadi : Hot spring Belerang Hijau ( Green Sulfur ), Belerang Putih ( White Sulfur ) dan Belerang Besi ( Iron Sulfur ). Masing-masing jenis air memiliki khasiat yang berbeda bagi manusia.

Hotspring belerang putih ada bau belerang dengan tingkat keasaman PH4-5, suhu sekitar 56-90°C, sumbernya dari Lembah Longfeng dan Lembah Belerang.Masuk golongan air hot spring bersifat asam lemah . Berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit kronis, penyakit sendi-sendi pada tulang ( arthritis ), penyakit wanita dan lain-lain.

Salah Sumber Air Hot Spring Belerang Putih

Hotspring belerang besi, merupakan hots pring yang mengandung karbonat netral dan kaya zat besi , tidak ada bau, warna sedikit coklat ( seperti besi karat ), suhu antara 40°C – 60°C. Masuk golongan air hot spring bersifat basa. Berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit neuralgia ( penyakit pembuluh syaraf ), penyakit kulit, penyakit rematuk dan lain-lain.

Salah satu sumber air belerang besi

Hot spring Belerang Hijau adalah hot spring yang langka di dunia. Saat ini hanya di ketahui ada di 2 tempat, satu berada di Prefektur Akita Jepang, dan satunya lagi berada di Beitou Thermal Valley ( Lembah Panas ). 
Suhu air hotspring bisa mencapa diatas 90°C, sehingga airnya selalu kelihatan berasap dan juga airnya terlihat berwarna hijua seperti giok sehingga ada yang menyebutnya hot spring giok. Lembah ini dulu pernah disebut  Lembah Neraka karena suhunya yang selalu panas.
Air Hot Spring Belerang Hijau memiliki tingkat keasaman mencapai PH1-2, masuk golongan air hot spring bersifat asam keras yang korosif. Orang yang memiliki luka tidajk dianjurkan berendam di air ini. Berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit, asam urat, nyeri otot dan lain-lain. Air Hot spring belerang hijau juga disebut air hot spring radium, karena ada kandungan radium didalamnya.

Sumber air Belerang hijau yang langka di dunia



Tahun 1906 orang Jepang yang bernama Okamoto Yuhachiro menemukan batu yang memiliki radiasi dan radioaktif radium di kali Beitou yang dilewati air hot spring belerang hijua. 
Pada tahun 1912 batu tersebut resmi diberinama Batu Beitou atau Hokutolite atau Anglesobarite. Batu ini adalah endapan dari air belerang hijau yang mengandum radium, ukuran 1 cm membutuhkan waktu sekitar 130 tahun. Jadi merupakan batu yang sangat berharga. Satu-satunya batu berharga  yang pemberian namanya memakai nama daerah Beitou dari 4000 lebih batu berharga di dunia.
Hokutolite adalah hasil alam yang hanya ada di kali Beitou. Namun sekarang sudah boleh dibilang tidak ada lagi sisanya. 

Hokutolite / Anglesobarite / Beitou Rock

Pemerintah berusaha untuk melestarikan bahkan mengembang biakan Hokutolite ini. Oleh sebab itu Kali Beitou menjadi kali cagar alam  untuk pembiakan batu beitou ( Hokutolite ). Akan tetapi sangat disayangkan, pencemaran air yang terjadi saat perekonomian Beitou merosot, menyebabkan batu-batu rusak semua. Sekarang batu Hokutolite hanya bisa dilihat di museum. Dari kejadian ini pemeliharaan sumber daya hotspring juga salah satu pekerjaan yang sangat penting yang harus dilakukan oleh semua orang.

Baca juga artikel :