Shihlin Official Residence, Tempat Tinggal Kepresidenan Chiang Kai-Sek


SHIHLIN OFFICIAL RESIDENCE
TAMAN DAN TEMPAT TINGGAL 
PRESIDEN CHIANG KAI-SEK DI TAIPEI




Shihlin Official Residence luasnya sekitar 9,28 hektar, di jaman Jepang tempat ini dipakai sebagai pusat penelitian dan budidaya tanaman, gunung yang mengelilingi tiga sisi dari tempat ini adalah gunung Fu-Shan.

Setelah Taiwan merdeka, tempat ini diambil alih oleh Departemen Kehutanan Pemprov Taiwan dan didirikan Stasiun Eksperimen Hortikultura Cabang Shihlin ( 士林園藝試驗所 ).


Tempat ini mudah dijangkau oleh kendaraan, transportasi gampang, memberikan rasa nyaman, dipenuhi wangi semerbak bunga dan nyanyian burung, oleh sebab itu pada tahun 1949 terpilih dan mulai dibangun rumah untuk tempat tinggal presiden. Tahun 1950 presiden Chiang Kai-Sek resmi pindah kesini dan tinggal disini selama 26 tahun hingga tahun 1975 wafat.

Di jaman presiden Chiang Kai-Sek, Taman Official Residence ini adalah Taman Bunga Terlarang bagi orang Taiwan hingga tahun 1996 baru mulai dibuka untuk umum kalau ada pameran bunga, tahun 1998 dibuka keseluruhannya, dan tahun 2011 Gedung Utama ( Main Hall ) rumah kediaman Chiang Kai-Sek juga dibuka untuk umum beli tiket masuk.

Official Residence, dapat dikalisifikasikan kedalam beberapa bagian berikut ini :



1. Pintu gerbang ( Main Enterance )
Masuk dari pintu gerbang yang didesign sedemikian bagus, di sebelah kanan ada satu Pos Jaga jaman dulu. Jendelanya ada plat baja tebal untuk melindungi serangan peluru. Pos jaga ada lobang pengintaian dan lobang sniper. Masih ada ruang komando pos jaga, ruang meeting tamu dan ruangan penting lainnya. Semua bangunan disini diberi cat warna hijau tua yang serupa dengan warna daun-daunan berguna untuk perlindungan atau penyamaran. Jalan utama masuk kiri kanan ditanami pepohanan, antara lain pohon Palem Raja dan Pohon Minyak Kayu Putih.



2. Tempat Parkir.
Terparkir mobil sedan Cadillac milik Madam Song Mei-Ling, istri presiden Chiang Kai-Sek dan mobil-mobil para penjaga dan pengawal. Jaman dulu bagian transportasi kepresidenan mengutus supir dan tenaga reparasi untuk tinggal di Shihlin Official Residence, tugas mereka adalah melakukan servis dan reparasi mobil-mobil disini, melakukan cek keamanan kendaraan.
Jaman dulu kalau Presiden Chiang Kai-Sek dan istrinya keluar pakai mobil, formasinya adalah : Mobil pertama adalah pemimpin mobil, Cadillac 5 seat. 
Mobil kedua adalah mobil utama yang membawa presiden suami istri, Cadillac 7 seat. 
Mobil ketiga adalah mobil cadangan, juga Cadillac 7 seat. 
Mobil keempat adalah mobil para pengawal. 
Mobil kelima adalah mobil staff sekretaris kepresidenan. Tentu saja sepanjang jalan yang dilalui pasti dijaga dan dikawal ketat oleh tentara dan polisi demi kelancaran lalu lintas.



3. Barak atau Tempat Tinggal Para Pengawal.
Dari tempat parkir berjalan ke belakang, kita akan melihat barak atau rumah atau asrama tempat tinggal para pengawal. Rumah tersebut terbuat dari kayu kualitas tinggi hinoki. Didalamnya serba ada, meskipun di luarnya terlihat biasa saja. Seluruh bagunan dicat warna hijau tua seperti warna dedaunan, berfungsi untuk melindungi dan mengelabui penglihatan dari jauh.

4. Bagunan Utama Tempat Tinggal Presiden Chiang Kai-Sek ( Main Hall ) dan Wisma Tamu ( Guest House )
Bangunan Utama Official Residence adalah rumah 2 Tingkat, dibagi menjadi bangunan depan dan bangunan belakang. Bangunan depan dengan atap miring versi Jepang. Bagunan belakang dengan atap beton datar. Ding ding juga cat hijau abu-abu.
Dari pintu depan masuk gedung utama, 2 ruangan di kiri kanan adalah ruangan para atase militer, ruang sekretaris dan ruang terima tamu. Setelah melewati ruang tamu, ruang makan, akan sampai pada dingding kaca, disinilah ruang tamu utama yang dipakai oleh Presiden dan Istrinya untuk menemui tamu, untuk menjamu tamu penting dari dalam dan luar negri. Ruangan ini dibangun pada tahun 1952, bisa muat 200-300 orang. Dulu setiap tahun double ten, Hari Kemerdekaan Amerika Serikat, jamuan penyambutan duta besar baru, ruangan ini selalu dipenuhi dengan acara perayaan.
Fungsi penataan ruangan adalah lantai 1 difungsikan untuk menyambut tamu dan acara perjamuan besar. Lantai 2 difungsikan untuk aktifitas kehidupan sehari-hari. Selain ada ruangan makan, ruang tamu, ruang baca dan lain-lain, juga ada kamar tamu untuk para kerabat presiden tinggal. Presiden Amerika Nixon juga pernah menjadi tamu di rumah ini. Sejak presiden Chiang Kai-Sek wafat, petugas di official residence ini tidak lagi merubah posisi tatanan ruangan rumah, jadi letak-letak barang-barang di dalam rumah, posisi mebel dll, adalah sama persis letaknya disaat presiden Chiang Kai-Sek masih hidup, termasuk letak Alkitab, buku Syair dynasty Tang, daftar nama penjaga.
Ruangan aktifitas antara Chiang Kai-Sek dan istrinya, Song Mei-Ling terpisah. Kamar tidur mereka berdua juga pisah ranjang. Ditengah kamar mereka ada kamar mandi yang memisahkan ranjang mereka berdua. Bisa tembus dan saling melihat. Madam Song Mei-Ling memakai kamar mandi versi barat.
Kalau dilihat dari jendela bulat bermotif ukiran ala China, dapat dirasakan bahwa  ruang tamu ditata dan diatur sangat sedemikian rupa. Berdiri di tengah ruangan memandang keluar jendela, akan tampat bunga-bunga yang indah tumbuh dari samping-samping jendela. Tidak akan nampak pot-pot ataupun rak-rak kayu tempat tanam bunga. Menurut cerita, saat mendesign ruang tamu ini, Presiden Chiang Kai-Sek ikut langsung memberikan idenya. Bagian-bagian yang tidak sependapat, akan diberi tanda pakai pen merah. Beliau paling memperhatikan masalah letak dan posisi, sangat percaya dengan hongshui.
Sisi dingding di lantai 1 dan 2 yang berhadapan dengan taman bunga, dibuat jendela kaca yang besar sampai lantai, dipadu pakai gorden warna putih, orang luar susah utnk mengetahui isi di dalamnya. Diluar rumah ada kolam yang dulunya adalah kolam untuk penelitian holticultura. Presiden Chiang Kai-Sek suka memberi makan ikan di tepi kolam, kalau melihat ikan berebutan, beliau akan sangat senang dan berteriak “bagus! bagus!”, ini adalah salah satu entertainment disela-sela kesibukan mengurus Negara.



5. Taman bunga ala China dan Barat
    ( Chinese Garden and Western Garden )
Official Residence pada mulanya merupakan daerah yang hanya menanam pohon buah dan pohon-pohonan. Berhubung dikarenakan pada kunjungan Presiden Amerika Serikat Dwight David Eisenhover ke official residence, beliau menceritakan tentang keindahan taman bunga di Gedung Putih, sehingga membuat para pengawal pribadi dan pengikut Chiang Kai-Sek malu dan serba salah, maka setelah itu mulailah tanah yang banyak pohon-pojon dirobah dan ditanami bunga-bunga menjadi taman bunga ala China dan ala barat. Jalan pembatas tman dipakai kepingan batu, dan Madam Song Mei-Ling yang suka pakai baju Cheongsam atau chi-pao (長衫/旗袍)serta bersepatu hak tinggi sangat suka jalan santai diatas jalan batu tersebut.
Saat itu, taman di Offical Residence di design oleh Ketua Stasiun Percobaan Holtikultura bekerjasama dengan tenaga ahli dari Jepang, dikerjakan sendiri oleh pekerja-pekerja yang didalam Official Residence. Kolam air mancur sebagai titik pusat design, petak bunga dan pohon-pohon terlihat seimbang di kiri-kanan. Di kiri dan kanan taman terdapat tempat mengasoh untuk turis, dan masih ada satu stan air minum burung, dimana sering ada burung hinggap disana untuk minum air.
Disebelah barat taman bunga ala barat, adalah taman bunga ala china. Taman ini adalah taman yang dibangun pada tahun 1966 sebagi hadiah ulang tahun Chiang Kai-Sek ke-80. Didalamnya ada pemandangan alam buatan, bukit buatan, sungai yang meliuk-liuk, jembatan lengkung, paviliun bentuk bangunan china warna merah, polanya adalah model taman di Jiang-Nan dan berhadapan dengan taman ala barat.
Wisna Tamu ( Guest House ) terletak di gedung utama sebelah kiri ada anak tangga batu naik keatas. Bagunan yang berding-ding luar batu kerikil, terbuat dari semen ini, pernah menerima tamu besar seperti Menteri Luar Negri Amerika Serikat John Foster Dulles (U.S. Secretary of State 美國國務卿 杜勒斯 ), Ketua Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat : Arthur William Radford (參謀長聯席會議主席Chairman of the Joint Chiefs of Staff亞瑟·威廉·雷德福 ), namun yang paling sering tinggal disini adalah keponakan kesayangan madam Song Mei-Ling, Kong Ling-Wei ( Nona kedua ) yang menemani Madan Song mengurus semua urusan kehidupan di rumah official residence.








Presiden Chiang Kai-Sek memiliki sekitar 27 rumah dinas ( Guest House), 
antara lain Grass Mountain Chateau at Yangmingshan in Taipei, Yangmingshuwu Hanbilou in Nantou, Daguan Pavilion in Lishan, Sizihwan Guesthouse in Kaohsiung (now is the Xiziwan Art Gallery of National Sun Yat-sen University), Chengcing Lake Guesthouse in Kaohsiung, Fuxing Guesthouse in Taoyuan, Cihu in Daxi (houses the Cihu Mausoleum), Qilan Guesthouse, First Guesthouse in Penghu, Hehuanshan Pine Snow Guesthouse, Kenting Guesthouse, Alishan Honored Guesthouse, Xitou Bamboo Hut, Lushan Jingguang Mountain Villa, Changhua Bagua Mountain Guesthouse, Lishan Guesthouse, Fushou Mountain Villa, Jinshan Songtao Cabin, Hualien Wenshan Guesthouse, Chiayi Citizen Farm Guesthouse, Kaohsiung Tengzhi Guesthouse, Taichung Xieyuan Guesthouse 
(草山行館:位於臺北市陽明山, 陽明書屋:亦稱中興賓館, 南投縣日月行館:蔣公寢居為現日月行館所在處,隨扈及外賓餐廳為現涵碧樓所在。梨山達觀亭, 西子灣賓館:位於高雄市西子灣,現為國立中山大學西灣藝廊, 澄清湖賓館, 復興賓館:前身為角板山賓館,桃園市復興區角板山, 慈湖賓館, 棲蘭行館, 澎湖第一賓館, 合歡山松雪樓, 墾丁華泰瑞苑飯店, 阿里山貴賓館, 溪頭竹廬, 大溪區中正公園公會堂, 廬山警光山莊, 彰化縣八卦山行館(已拆除), 梨山賓館, 福壽山莊, 金山區松濤小屋, 花蓮縣文山賓館, 嘉義農場國民賓館, 高雄市藤枝行館, 臺中市協園行館 )
Namun, diantara Rumah-Rumah tersebut diatas, Shihlin Official Residence yang menjadi tempat tinggal utamanya. Dimanapun mereka berada, aktifitasnya kurang lebih sama. Oleh sebab itu, perabot dan tata ruang tiap rumah kurang lebih sama.

6.Taman Ekosistim ( Eco Garden )
Taman ini pada awalnya adalah kebun sayur. Madam Song Mei-Ling suka makan sayur-sayuran segar organik. Oleh sebab itu, demi untuk memenuhi kebutuhan mereka berdua, juga untuk menjaga kesehatan, sayur yang ditanam disini kebanyak pakai sistim tanam air, tidak memakai pupuk dan tanah. Chiang Kai-Sek suka makan sawi, Madam Song Mei-Ling suka makan salad yang pakai seledri, wortel, kol, sawi putih, lobak, jagung, kacang tanah, tebu dan lain-lain yang ditanam secara organik.
Taman ekosistim dibangun pada bulan Agustus tahun 2000, kerjasama antara Divisi Taman Official Residence dan Chi Sing Eco-conservation Foundation. Taman ini merupakan taman ekosistim serangga, disekeliling kolam ditaruh banyak tumpukan kayu lapuk dan tanaman lain yang bisa menarik perhatian kupu-kupu dan serangga lainnya. Tentu saja nyamuk juga ikutan datang kesini.





7. Taman Bunga Mawar. ( Rose Garden )
Untuk memperluas penanaman bunga mawar, proyek taman bunga mawar diajukan dan mendapat persetujuan dari Madam Song Mei-Ling pada tahun 1970. Madam Song Mei-Ling paling suka jalan-jalan menikmati bunga disini. Saat mereka berdua menikmati bunga, selalu ditemani oleh pengawal pribadi dan tukang kebun senior. Setiap saat siap menggunting bunga yang disukai untuk dirangkai di Gedung Utama.
Bunga mawar akan mekar pada bulan Maret hingga bulan Mei. Tiap ujung baris bunga mawar ada satu batang pohon Meihua. Ada sekitar 120 batang pohon Meihua yang disukai oleh Chiang Kai-Sek. Bulan semi nya adalah sekitar bulan Desember hingga Februari. Mawar dan Meihua, menjadi symbol kehidupan suami istri Chiang Kai-Sek dan Madam Song Mei-Ling sehidup semati selamanya.
Madam Song paling suka mawar hitam, mawar merah dan mawar air. Petugas bunga seminggu 2 sampai 3 kali memetik ratusan tangkai bunga mawar untuk diantar ke rumah utama. Disana ada tukang rangkai bunga khusus, sehingga rumah selalu dipenuhi harum alami bunga. Di Official residence ada 76 tempat, kurang lebih 40 jenis dan sekitar 4000 pohon bunga mawar.
Bunga mawar adalah tanaman yang perlu pupuk, pemeliharaannya sangat sulit. Dulu pupuknya adalah berasal dari tai kuda atau babi yang difermentasi. Sekarang sduah diganti pakai pupuk organik. Kalau sedang musin bunga, petugas khusus mencapai 23 personil. Sedangkan orang yang bekerja di Official Residence mencapai sekitar 120 personil.



8. Gereja Kaige Thang ( Victory Chapel )
Kenapa diberi nama “Kai-Ge” ( Victory Chapel )? Gereja Kaige untuk apa? Menurut Mr. Zhou Lian-Hua yang menjadi pendeta lebih dari 50 tahun di gereja ini, setelah Republic of China menang perang melawan Jepang, pemerintah pusat dari Chongching dipindah kembali ke Nanjing, demi untuk mengenang “kembali dengan kemenangan”, maka gereja yang di Nanjing diganti nama menjadi “Kaige Thang ( Victory Chapel )”, bermakna “Nyanyian Kemenangan”. Gereja Kaige yang dimaksud adalah yang terletak di Nanjing, bukan yang di tempat tinggal kepresidenan ini.
Gereja Kaige Thang adalah tempat ibadah bagi Chiang Kai-Sek dan keluarganya. Pejabat asing yang pernah melakukan kebaktian di gereja ini antara lain adalah Presiden Amerika Serikat Dwight David Eisenhover dan para duta besar untuk China lainnya. Sedangkan pejabat dalam negri yang pernah melakukan kebaktian disini adalah undangan penting seperti Sekjen Kepresidenan, Perdana Menteri, dan para jendra-jendral.
Gereja Kaige Thang ada 60 kursi. Kursinya adalah kursi kayu sandaran yang beralas empuk. Empat kursi paling depan, sebelah paling kanan adalah tempat duduk Madam Song Mei-Ling, sebelah kanan dekat lorong tengah adalah tempat duduk Chiang Kai-Sek. Kursi sebelah kiri adalah untuk tamu kehormatan. Cucu-cucu Chiang Kai Sek semuanya dipermandikan disini, bahkan Jiang Xiao-Gang, cucu pertama dari anak keduanya, juga melakukan acara pernikahan di gereja ini.
Selain setiap hari minggu jam 11:00 – 12:00 ada acara kebaktian, hari biasa gereja ini tidak dipakai. Pendetanya masih tetap pendeta Zhou Lian-Hua. Umat yang datang kebanyakan adalah keluarganya para petugas Shihlin Office Residence. Nyanyian rohani dibawakan oleh murid-muridnya Zhou Lian-Hwa secara bergantian.



9. Paviliun Angrek Baru ( New Orchid Pavilion )
Pavilion Angrek Baru dibangun pada tahun 1950, pavilion ala China, berwarna merah terang, birei nama “Xin Lan Ting (薪蘭亭 Pavilun Anggrek Baru), nama lainnya adalah “Shou Ting ( 壽亭 Pavilun Ulang Tahun)”. Setiap tahun tanggal 31 Oktober Chiang Kai-Sek ulang tahun dan tanggal 12 bulan 2 imlek ulang tahun madam Song Mei-ling dirayakan disini, oleh sebab itu diberi nama Paviliun Ulang Tahun. New Orchid Pavilion ini setiap musim dihias pakai bunga anggrek yang berbeda. Cukup disukai oleh pengunjung.




10. Stasiun Ekperimen Hortikultural
Stasion Ekperimen Hortikultural diresmikan pada tahun 1908 dimasa panjajahan Jepang. Setelah Taiwan merdeka, tempat ini diganti nama menjadi Stasion Ekperimen Hortikultura cabang Shihlin dibawah Dep. Kehutanan Taiwan. Tahun 1973 diganti menjadi “Parks and Street Lights Office, Public Works Department, Taipei City Government atau Kantor Pertamanan dan Lampu Jalan DPU Taipei City”. Tahun 1977 namanya diganti lagi menjadi “Horticultural Office 園藝管理所”.
Stasion Eksperimen Hortikultural Cabang Shihlin mengadakan pameran bunga setiap tahun dan dibuka untuk umum. Hingga pada tahun 1988 atas usul anggota dewan kota Taipei, taman official residence baru secara keseluruhan dibuka untuk umum. Lokasi bangun bersejarah ini, dengan berbagai jenis bunga 4 musim, menjadi tempat favorit para pasangan muda untuk mengambil foto prewed disini.




11.  Panggung Musik Terbuka ( Amphitheater )
Panggung ini selesai dibangun pada bulan mei 1998. Bisa muat 500-600 orang. Panggung ini disewakan untuk umum, baik untuk acara musik, pertunjukan ataupun acara lainnya. Sekali sewa NT$.6000 per setenggah hari.



12.  Transportasi
a.      Sewa Mobil Private, atau pakai Taxi
b.      Naik MRT berhenti di Shihlin Stasion, keluar dari Exit 2 dan jalan kaki sekitar 15 menit.
c.       Naik Bus no 111, 203, 206, 255, 260, 267, 279, 280, 285, 303, 304, 310, 557, 606, 612, 620, 646, 680, 683, 685, 902, 1717 berhenti di Halte “Shihlin Guandi”

13.  Opening Hours
a.      Taman setiap hari buka , Hari biasa : 08:00 – 17:00,  Hari libur : 08:00 – 19:00
b.      Main Hall ( Gedung kediaman )         
        Buka hari Selasa – Minggu,          
        Pagi jam  9:30 - 12:00 ( loket tutup jam 11:40 )       
        Sore jam 13:30 - 17:00( loket tutup jam 16:40 ).
  Tutup : Hari senin, Imlek, Chengbeng, Festival Perahu Naga ( Duan-Wu ), Festival Musim                    Gugur (Tiong Chiu), selama dua minggu di bulan September ataupun hari tertentu.
                              Harga tiket Nt$.100 perorang. Grup harus appoiment dulu.



artikel yang berhubungan :