Wisata ke Beitou Hotspring


Wisata ke Taipei Beitou Hotspring.
 =========================


Mari kita jalan ke Beitou Hotspring


    Kata Hot Spring mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, apalagi para traveller yang sering ke Jepang. Selain Jepang, Taiwan juga memiliki banyak sekali titik-titik hot spring. Bahkan di seluruh pulau Taiwan bisa kita temukan tempat-tempat permandian hot spring. Lokasi-lokasi hot spring yang terkenal adalah di Yilan Jiaoxi, Taitung Ziben dan Taipei Beitou. Diantara tempat-tempat tersebut, yang memiliki sejarah paling lama dan paling terkenal adalah hot spring Taipei Beitou. Oleh sebab itu, mari ikut saya berjalan-jalan ke lokasi tersebut.



Keluar dari Ssasiun MRT New Beitou, jalan lurus, menyeberangi jalan Guang Ming Road, kita akan langsung melihat taman yang bernama Beitou Park. Jalan sebelah kanan Beitou Park bernama Zhongshan Road, jalan sebelah kiri bernama Guangming Road.


Beitou Park ini diresmikan pada zaman kependudukan kolonial Jepang sekitar  tahun 1913 dangan luas 61129m². Memasuki taman kita akan melihat kolam Air Mancur yang bernama Jump Fountain”. Didalam taman banyak dekorasi taman, pemandangan-pemandangan seperti jembatan, pavilion, kolam bunga teratai, kali kecil dll yang cukup indah buat foto-foto. 



Namun saya anjurkan kita jalan lewat pedestrian taman Guangming Road saja. Guangming Road bukanlah jalan yang terlalu lebar, namun sejarah hotel-hotel hotspring semuanya berawal dari jalan ini. Hingga saat ini, jalan-jalan disini masih dipenuhi oleh hotel-hotel hotspring dan juga masih ada Permandian Umum yang berdiri pada tahun 1907, jaman Jepang, yang bernama “Long Nice Hotspring”. Permandian ini tidak direnovasi menjadi tempat permandian modern, namun tetap mempertahankan nilai sejarahnya, masih sama seperti pada jaman Jepang dulu. Permandian Umum Long Nice harus telanjang bulat. Kolam pria dan wanita terpisah. Ada juga kolam keluarga. Air Hotspring disini memakai air hotspring dari Lembah Panas ( Thermal Valley ). Long Nice Hotsrping berada di sebelah kanan jalan Guangming Road, seberang Taman Beitou.


Perpustakaan Green Buliding

Di bagian taman, kita bisa melihat satu banguna kelas dunia, Perpustakaan Umum Taipei Cabang Beitou, bangunan yang menghabiskan dana 120juta lebih, banguan mendapat penghargaan bangunan ramah lingkungan (Green Building ) nomor satu ( kelas Diamond ) dari Pemerintah Taiwan, masuk nominasi 10 besar bangunan perpustakaan ramah lingkungan terkeren di dunia dan tahun 2012 situ Flavorwire.com Amerika memilihnya sebagai salah satu dari 25 Perpustakaan Terindah di dunia.
Air yang yang mengalir di taman, di kali Beitou, disepanjang tepi jalan Guangming Road adalah air Hotspring dari Lembah Panas. Dulu adalah kali untuk berendam.


Setelah perpustakaan, bagunan sejarah berikutnya adalah Gedung Museum Hotspring Beitou, bangunan yang diresmikan pada tahun 1973 sebagai gedung permandian umum dan sekarang menjadi Museum Hotspring Beitou.
Disamping museum adalah Outdoor Public Hotspring yang bernama “Millenium Hotspring ( 千禧湯 ), berendam disini harus memakai pakaian renang lengkap dengan topi. Disampingnya adalah Rumah Plum Garden, tempat untuk minum teh dan oleh-oleh. Masuk kedalam harus buka sepatu!
Baik Plum Garden, Millenium Hotspring dan Museum Hotspring, pintu masuk mereka adalah dari jalan Zhong Shan Road. Bukan dari Guangming Road. Cuma Museum lantai dasarnya ada jalan penghubung ke Guangming Road.


Out door hot spring, The Millenium Hot Spring

Harga terjangkau, murah meriah. Pakai Pakaian Renang




Mengikuti aliran kali Beitou yang tidak begitu jauh, kita akan melihat sign board dan tanda panah bertuliskan ke arah Beitou Thermal Valley, sumbernya air panas kali Beitou. Menyeberang jembatan ( jalan aspal ) yang pendek, mengikuti kali Beito kita akan sampai di Beitou Thermal Valley yang selalu permukaan air danaunya selalu mengeluarkan asap.








Disebelah kiri jalan menuju Lembah Air Panas ( Thermal Valley ) adalah toko-toko makanan dan toko minmarket dan tentu saja hotel-hotel hotspring. Sedangkan jalan didepannya adalah jalan Zhongshan. Zhongshan road jalan lurus, akan sampai ke Stasiun New Beithou.
Selesai sudah high light perjalanan kita di Beitou Hotspring.


Bagi yang masih berminat membawa lebih banyak tentang Beitou atau Beitou Hotspring, silahkan lanjutkan membaca artikel berikut ini :


.