One Day Yehliu Geopark Tour


January 21, 2017. 
Private Tour




Meeting point jam 08:30 di Taipei Main Stasiun. Total peserta ada 6 orang, berangkat langsung dari TMS menuju Yehliu Geopark, Wanli Distrik, New Taipei City. Selesai di Yehliu perjalanan dilanjutkan menuju Gold Mine Museum yang terletak searah dengan Jiu Fen Old Street.


Nama Yehliu Geopark dulu adalah Yehliu Scenic Area ( Daerah Panorama Yehliu ), terletak di sepanjang pesisir pantai distrik Wanli, Kota New Taipei City.
Dikarenakan efek pelapukan dan proses pengikisan, pantai ini menjadi sangat terkenal batu-batuan berbagai bentuk yang indah dan menjadi taman geologi internasional.
Yehliu termasuk ke dalam wilayah scenic pantai utara dan bagian dari Scenic Area Nasional Gunung Kwan-Yin. Medan-medan dan bentuk tanah di dalam taman, seluruhnya merupakan tanjung yang naik dan menonjol  ke laut. Panjang tanjung sekitar 1700 meter, dan bentuknya kalau dilihat dari atas seperti seekor kura-kura, oleh sebab itu juga disebut "Kura-kura Yehliu".
Setelah melewati pengikisan yang panjang, proses pelapukan, gerakan tektonik permukaan bumi yang belum berhenti, terbentuklah erosi parit laut, goa-goa laut, batu-batu bentuk sarang lebah, batu-batu bentuk lilin, bentuk jamur hioko, bentuk seperti tahu-tahu, potholes, kulit jahe dan bentuk-bentuk geologi lainnya yang menarik, sehingga menambah keindahan panorama di wilayah di pantai utara New Taiwan City.


Yehliu Geopark komposisi struktur tanahnya terdiri dari tanah batu pasir. Diperkirakan sekitar 22 juta tahun yang lalu berada dibawah laut dangkal, karena dipermukaan tanah Yehliu Geopark diketemukan banyak sekali fosil-fosil mahluk hidup laut dangkal masa abad pertenggahan dan abad baru.

Hasil erosi laut di Yehliu Geopark yang tampak dapat dibagi menjadi tiga bagian besar, yaitu : 
Yang pertama adalah hasil erosi yang membentuk batu jamur, 
Yang kedua adalah jendela erosi dan bentuk kulit jahe; dan yang paling unik adalah hasil erosi batu yang berbentuk sandal bidadari,  bentuk globe dan lain-lain. 

Yang ketiga adalah bentuk potholes dan candle rock atau batu lilin; bentuk batu lilin ini hanya ada di pesisir pantai Yehliu.
Selain itu, di Yehliu Geopark masih bisa kita lihat fosil jejak mahluk hidup, fosil mahluk hidup bentuk bintang, fosil jejak seperti pipa, fosil rumput laut, fosil jejak jalan penyelamatan diri dan lain-lain

Disamping pintu masuk Yehliu terdapat satu bangunan yang bernama Ocean World. Tempat ini buka sepanjang tahun, dan merupakan tempat pertama di Taiwan yang ada pertunjukkan lumba-lumba. Gedung ini bisa menampung sekitar 3000 penonton. Selain pertunjukkan lumba-lumba, masih bisa melihat singa laut, terjun air, ballet air dan atraksi lainnya. Lamanya pertunjukkan 60 menit, pertunjukkan yang hebat dan menarik.

Distrik Wanli selain ada Taman Geologi Yehliu dan Ocean World yang terkenal, masih ada Gedung Taipower Exhibit Center in Northern Taiwan, Emerald Bay, Kelenteng Ling Chuan, Taman Singa dan permainan pralayang. Kalau ada waktu yang cukup, boleh anda bikin rencana perjalanan ke tempat tempat tersebut.

Berikut ini sebagian dari foto-foto yang saya ambil saat berada di Yehliu Geopark. Untuk melihat keseluruhan foto-foto, silahkan klik disini


萬里獅子公園合影 Foto Bersama di Taman Singa

萬里獅子公園合影 Foto Bersama di Taman Singa

萬里獅子公園合影 Foto Bersama di Taman Singa














Terima kasih untuk Freeya dkk yg telah memakai jasa mobil saya. Semua murah rezeki selamanya. GBU.