Xiao You Keng, Yangmingshan

Xiaoyoukeng ( Yang Ming Shan )

Pemandangan alam bekas aktifitas gunung berapi yang masih menyemburkan uap air panas



Xiaoyoukeng terletak di dalam kawasan Taman Nasional Yang Ming Shan di Gunung Yang Ming Shan..Dan Yang Ming Shan merupakan satu-satunya Taman Nasional yang memiliki ciri dan struktur tanah gunung berapi.  Ketinggiannya berada pada sekitar 805m diatas permukaan laut.
Banyak yang kesini merasa penasaran dengan asap yang diembur keluar dari lubang Xiaoyoukeng. 
Asap ini sebenarnya adalah uap air panas yang berasal dari bawah perut bumi yang keluar dari celah-celah patahan lempengan bumi setalah berakhirnya aktifitas gunung berapi.



Untuk mengetahui berapa panas uap panasnya, di visitor center ada monitor langsung yang bisa memberikan informasi tentang suhu mulut penyemburan uap air, biasanya sekitar 90derajat Celcius.
Karena panas dan sifat uap air belerangnya mengandung asam, oleh sebab itu warna disekitarnya terlihat lebih cerah dan kelihatan komposisi tanahnya gembur tidak padat. Atau lebih tepat disebut proses metasomatik menyebabkan perubahan sifat tanah dan batu-batuan disini menjadi rapuh, gembur dan tidak padat, sehingga disini gampang sekali terjadi longsor seperti yang terlihat di depan mata kita ini.
Disekitar mulut semburan uap panas, boleh dibilang kita sama sekali tidak melihat ada tanaman ataupun mahluk hidup, kecuali beberapa jenis yang tahan panas dan asam. Rumput-rumput ilalang juga tumbuh agak jauh dari pusat semburan uap panas.
Meskipun dibawah perut gunung masih terdapat lahar, akan tetapimenurut penelitian para ahli, lahar ini tidak membahayakan dan tidak ada terjadi letusan gunung berapi.
Sampai di Xiaoyoukeng, kita bisa memakai mata untuk melihat uap asap dan belerang yang sudah menjadi kristal; Telingga bisa dipakai untuk mendengarkan suara gemuruh yang keluar dari perut bumi ; dan hidung untuk mencium aroma unik gunung berapi, 

Disamping tempat parkir ada satu trail menuju ke puncak gunung QiXing ( 7 Bintang ), tingginya sekitar 1120m diatas permukaan laut, merupakan puncak gunung tertinggi di kota Taipei. Bagi yang suka hiking, perjalanan hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam sampai ke puncak.

Setelah Xiaoyoukeng, perjalanan anda boleh dilanjutkan ke Parking Area No.2 disaat musim bunga sakura lalu ke Flower Clock dan Satsiun Angkutan Umum di Yang Ming Shan.






Youtube :


=======================================================================
Sewa Mobil Private
Whatsapp : rickyals  atau masukkan no telpon +886976323137
Line : rickyals